E Learning IAIN "SMH" Banten
Expand/collapse block Login
Login
Password
Keep me logged in
 
Expand/collapse block Selected courses
-
 
Expand/collapse block Information for course "Metodologi Penelitian Pendidikan"
Description: Mata Kuliah Metodologi Penelitian termasuk ke dalam Mata Kuliah Dasar Khusus (MKDK) yang diberikan di semua jurusan yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN ”Sultan Maulana Hasanuddin” Banten. Mata kuliah ini memberikan dasar-dasar pengetahuan tentang langkah-langkah sistematis dan logis mengenai pencarian data yang berkenaan dengan masalah untuk diolah, dianalisis, diambil kesimpulan dan selanjutnya dicarikan cara pemecahannya.
Metode penelitian juga bisa bermakna cara-cara penghimpunan data, pengolahan, uji hipotesis (bila ada), analisis dan penafsiran, pengambilan kesimpulan dan pemecahan atau mencari jalan keluar dari permasalahan penelitian.
Objectives: a. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengenali, mengingat (knowledge) dan memahami (comprehension) peristilahan, definisi, fakta, gagasan, pola, urutan, metodologi, prinsip dasar metodologi penelitian pendidikan
b. a. Mahasiswa memiliki kepekaan dan penghargaan (valuing) yang cukup tinggi di dalam menyelesaikan masalah-masalah pendidikan dan pembelajaran matematika melalui pendekatan metodologis.
c. a. Mahasiswa trampil menyelesaikan masalah-masalah kependidikan melalui pendekatan metodologis.
Assessment: a. Penugasan (Project), mahasiswa diberi tugas untuk membuat makalah mandiri (individual) dan makalah terstruktur (makalah diskusi kelompok), penilaian ditekankan kepada ketepatan di dalam mengumpulkan tugas sesuai dengan batas deadline pengumpulan tugas.
b. Unjuk Kerja (Performance), seperti dalam penyajian lisan, ketrampilan berbicara dalam diskusi, pemecahan masalah dalam kelompok, partisipasi dalam diskusi, mengoperasikan suatu alat seperti laptop untuk menayangkan power point materi diskusi.
c. Tertulis (Paper), isi makalah mandiri dan makalah kelompok dapat disajikan dalam bentuk tertulis dengan sistematika menyajikan latar belakang masalah, pembahasan, alternative pemecahan, dan daftar pustaka.
d. Sikap/Perilaku (Behavior), penilaian dilakukan terhadap perilaku jujur (honesty) seperti dalam hal kejujuran akademik, integrity, treats people with respect, responsible, fair, caring, emphaty, conscience, good citizen, kerjasama, inisiatif, dan penuh perhatian.
e. Teknik Penilaian dengan mengajukan Tes untuk dua jenis Tes yaitu Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester (UAS). Untuk Ujian Tengah Semester (UTS) bentuk tes berupa Essay bebas dan untuk UAS bentuk Tes berupa membuat rancangan Proposal Penelitian Skripsi dengan cara Take Home.
Topics: 1. Memahami berbagai jenis dan metode riset
2. Mampu merancang riset pendidikan

Resources: 1. Alwasilah, Chaedar A. 2009. Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif . Jakarta: Pustaka Jaya
2. Alwasilah, Chaedar A. 2011. Pokoknya Action Research. Bandung: Kiblat Buku Utama.
3. Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Learning method: Mahasiswa berlatih menyusun kerangka teori /grand teori yg menjadi dasar kajian variabel penelitian
Language: Indonesia
Enroll Enroll
Language: Indonesia
Professors: Sayehu Syeikh Ahmad Maulana, Saefudin Zuhri
Units: 1
Lesson content
Enroll Enroll