E Learning IAIN "SMH" Banten
Expand/collapse block Login
Login
Password
Keep me logged in
 
Expand/collapse block Selected courses
-
 
Expand/collapse block Information for course "Metodologi Penelitian"
Description: Deskripsi dan Signifikansi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengajarkan tentang dasar-dasar dan langkah-langkah dalam melaksanakan penelitian. Dengan mempelajarinya, seseorang akan memahami tentang proses sebuah ilmu dihasilkan. Dengan demikian para mahasiswa, sebagai calon sarjana, diharapkan mampu berpikir ilmiah dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan yang dihadapinya.
Mata kuliah ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari mata kuliah yang pernah anda pelajari di semester-semester sebelumnya, yakni: Filsafat Ilmu dan Metodologi Studi Islam. Kalau dua mata kulaih terdahulu itu lebih bersifat filosofis dan paradigmatik, maka mata kuliah ini akan lebih menekan kepada hal-hal yang lebih teknis dan instrumental, artinya merupakan pengejawantahan dari hal-hal yang masih berada dalam tataran ideke dalam tatanan pelaksanaan.
Mata kuliah ini merupakan bekal metodologis bagi mahasiswa sebagai calon sarjana untuk memiliki kemampuan dan pengalaman dalam melakukan sebuah penelitian yang terwujud dalam sebuah “skripsi”. Sebab seseorang tidak akan mampu melakukan suatu penelitian yang baik tanpa memiliki kemampuan metodologis yang memadai dalam sebuah riset atau penelitian.
Objectives: Standar Kompetensi

Mahasiswa diharapkan memahami metodologi dalam melaksanakan penelitian.

Kompetensi Dasar

Setelah proses pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat:
1. Memahami pengertian tentang penelitian, jenis-jenis penelitian, paradigma penelitian, langkah-langkah dalam penelitian, dan teknik-teknik penelitian.
2. Memahami berbagai pendekatan dalam penelitian (positivisme, interpretivisme dan posmodernisme)
3. Memahami langkah-langkah dalam melaksanakan penelitian.
4. Memahami pembuatan proposal penelitian.
Assessment: Kehadiran, Tugas-tugas Terstruktur, Tugas mandiri, UTS dan UAS, Keaktifan di kelas.
Topics: Topik Inti Perkuliahan

No Konsep / Topik Inti Keterangan
1 Intro to course + kontrak belajar
Penjelasan pengertian penelitian, fungsi dan kegunaannya
2 Kata-kata kunci penelitian dan jenis-jenis penelitian dan Paradigma Penelitian
3 Langkah-langkah penelitian
(perencanaan dan pelaksanaan)
Penentuan topic dan penemuan permasalahan
Perumusan masalah
4 Menentukan tujuan penelitian
Menentukan manfaat penelitian
penjelasan konsep
5 Kerangka teori dan Hipotesa
6 Metode-metode penelitian dan sistematika pembahasan
7 Populasi dan sample
Teknik pengumpulan data dengan angket
8 Teknik pengumpulan data dengan
Pengamatan dan Wawancara
9 Teknik pengumpulan data dengan
Dokumentasi (buku, jurnal, Koran dsb.)
10 Teknik analisa dan interpretasi data kuantitatif.
11 Teknik analisa data dan interpretasi data kualitatif.
12 Kesimpulan dan abstrak
Resources: Sumber Bacaan

1. Sanapiah Faisal, Format-format Penelitian Sosial: Dasa-dasar dan Aplikasi, Rajawali Press, Jakarta, 1995.
2. Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Rosda, Bandung, 1995.
3. Koentjaraningrat, (ed.), Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Gramedia, Jakarta, 1991.
4. Mohammad Nasir, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1985.
5. W. Lawrence Neuman, Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches, Allyn and Bacon, Boston, 1997.
6. Winarmo Surakhmad, Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, Teknik, Tarsito, Bandung, 1998.
7. Masri Singarimbun dan Sopyan Effendi (ed.), Metode Penelitian Survai, LP3ES, Jakarta, 1989.
Other information: apabila ada hal-hal yang belum bisa dipahami silahkan hubungi doen pada setiap Senin dan Rabu
Learning method: Strategi Pembelajaran

Untuk mencapai tujuan pembelajaran itu, matakuliah ini menggunakan sejumlah strategi. Pertama, mayoritas pembelajaran akan mempergunakan strategi, active learning, seperti power of two, snow bolling, point counter point, reading text, synergethic teaching, listening team, sedang lecturing hanya akan diberikan kepada materi-materi yang benar-benar asing, seperti dalam menjelaskan paradigma penelitian positivisme, interpretivisme dan posmodernisme. Kedua, tugas-tugas yang menekankan kepada kemampuan untuk mengadakan penelitian, yakni: kritik terhadap suatu skripsi, pembuatan proposal sederhana dan praktek-praktek lapangan untuk teknik pengumpulan data.
Strategi pembelajaran tersebut akan dipergunakan secara sinergi untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal.
Language: English
Enroll Enroll
Language: Indonesia
Professors: mohamad hudaeri
Units: 1
Lesson content
Language: Indonesia
Professors: mohamad hudaeri
Units: 1
Lesson content
Language: Indonesia
Professors: mohamad hudaeri
Language: Indonesia
Professors: mohamad hudaeri
Language: Indonesia
Professors: mohamad hudaeri
Language: Indonesia
Professors: mohamad hudaeri
Language: Indonesia
Professors: mohamad hudaeri
Language: Indonesia
Professors: mohamad hudaeri
Language: Indonesia
Professors: mohamad hudaeri
Language: Indonesia
Professors: mohamad hudaeri
Language: Indonesia
Professors: mohamad hudaeri
Language: Indonesia
Professors: mohamad hudaeri
Language: Indonesia
Professors: mohamad hudaeri
Language: Indonesia
Professors: mohamad hudaeri
Language: Indonesia
Professors: mohamad hudaeri
Enroll Enroll